Saturday, March 2, 2013

Memperhalus tampilan grafik di excel

Buat yang sering bekerja dengan menggunakan excel, umumnya sering berhubungan dengan tampilan grafik untuk menyajikan kumpulan data dengan lebih mudah dan menarik.
Namun seringkali tampilan grafik jadi terganggu dengan adanya data yang tidak lengkap dalam entry data ataupun karena hal lainnya. Sebagai ilustrasi dapat dilihat di gambar berikut :

Grafik di atas hanya sebagai contoh kasus. Grafik tersebut merupakan grafik A+B, dimana A dan B merupakan data awal yang didapat dari data entry. Anggaplah pada bulan agustus tidak ada data yg dimasukkan, sehingga pada tampilan grafik menjadi turun. Sedikit mengganggu ketika akan melakukan analisa secara visual. Sebenernya kita bisa saja men-delete angka 0 di hasil A+B bulan agustus, tapi hal itu akan membuat kita harus membenarkan kembali formulanya ketika ada entry data baru lagi.
Untuk mengatasi agar tampilan tetap halus tanpa harus men-delete cell yang tidak ada angkanya adalah dengan mendefinisikan yg memiliki nilai 0 atau tidak ada datanya dengan nilai #N/A (Not Available). Untuk aplikasinya pada kasus di atas, pada cell C6 masukkan formula =if(C3+C4=0,NA(),C3+C4) dan dicopy formulanya sampai ke cell N6. Hasilnya terlihat pada gambar di bawah :
Sudah tidak ada lagi grafik yang turun ke bawah. Jadi dalam kasus ini apabila data dalam grafis terbaca #N/A, maka data pada cell tersebut menjadi tidak terbaca dan garis pada grafik akan menghubungkan langsung dari data sebelumnya ke data berikutnya yang ada angkanya, dalam hal ini dari data bulan Juli langsung dihubungkan ke data bulan September. Apabila data bulan September sampai Desember terbaca #N/A semua, maka grafik berhenti di data bulan Juli. Hasilnya seperti gambar di bawah :

Bagaimana, terlihat lebih bagus? Dari sini akan ada banyak pengembangannya yang lebih menarik. Akan di sharing di lain kesempatan. Semoga membantu.

Selamat mencoba, selamat berkreasi dan berimajinasi !!

No comments:

Post a Comment